10/08/2012

Touchdown, Aachen!

-->
Setahu saya, Aachen adalah kota tempat belajarnya Pak Habibie dulu. Itu doang.

Dari Düsseldorf saya, Keni, dan Resky langsung menuju ke Aachen memakai alat transportasi paling mainstream di Jerman, kereta api. Deutsch Bahn namanya. Kereta api yang sangat yahud menurut saya, karena kelas ekonomi nya mirip kelas eksekutif kalo di kereta api Indonesia, tapi tetep nyaman kereta api Indonesia sih. Tapi hebatnya kereta api ini nyaris selalu tepat waktu, saya sempet bingung juga pas si keni nanya “Menit ke berapa nih kereta nya dateng?”. Menurut saya ini konsep yang edan, yang jadi parameter adalah menit ke berapa, jadi nyaris engga pernah telat. Kebetulan saya dan resky tidak membayar alias gratis, karena kita memakai DBkarte nya si Keni. Istilahnya beli tiket satu yang 4 gratis. Ajeeeb. Biasanya pelajar di jerman diberikan kemudahan soal sarana transport, jadi berhubung saya masih belum menjadi student, saya masih belum bisa mendapat hak tersebut :p

Kereta nya jerman, men!


Setelah perjalanan 1,5 jam dari Düsseldorf akhirnya kita sampai di Aachen. Kita dijemput Resa, temen si Keni, dia kebetulan udah 3 tahun di Aachen, termasuk senior di Aachen, dan untuk sementara saya bakalan nebeng di rumah dia selama batas waktu yang belum ditentukan. Pengetahuan saya tentang Aachen pun bertambah :

1.   Aachen adalah tempat studi Pak Habibie. (udah tau dari dulu)
2.   Aachen itu dingin. (baru tau)
3.   Aachen itu kayak Bogor, suka labil, tiba tiba ujan. (baru tau)
4.   Aachen itu teratur banget transport nya dan jarang macet. (baru tau)
5.   Aachen itu nyaris mirip Yogyakarta, banyak mahasiswa nya. (udah sempet denger)
6.   Aachen itu tempat yang susah untuk nyari rumah/kosan (baru tau)
7.   Aachen itu kota yang bakalan saya tinggalin mungkin dalam 6 bulan ke depan. (yeahh..!)

Setelah kita menaruh barang-yang-bejibun itu di rumah nya Resa, kita langsung ke Turmstraße untuk ketemu sama temen nya si Keni. Sampai disana ternyata ada beberapa orang Indonesia juga yang melanjutkan studi di Aachen, mereka semua ramah dan baik banget. Setelah ngobrol ngobol bentar, kita beranjak ke daerah Ponttor, ini adalah daerah tempat makan nya anak mahasiswa di Aachen yang famous. Nah disini ada dua restoran yang recommended buat student karena harga nya murah, enak plus banyak porsi nya. Namanya Chicken Pont dan Pont Asia, jadi jangan heran kalo di dua restoran ini kita bakalan ketemu sama mahasiswa-mahasiswa Indonesia.  Pilihan kita jatuh ke Chicken Pont. Di restoran ini ada paket menu untuk student, saya (rekomen anak anak) mesen ½ hähnchen mit Pommes und Salat. Namanya pake ½ karena ini bener bener separo ayam utuh! Harganya cuma 3,75 euro. Worth it !! :p

hähnchen mit Pommes und Salat



Ponttor. Yang jelas ini bukan tempat jagal.


Aachen City Hall

The Aachener Dom


Setelah selesai makan, saya dan rombongan menuju ke Volkhochschule Aachen, tempat dimana saya bakal menjalani Deutschkurs selama 6 bulan ke depan. Terus kita main ke daerah Ellisenbrunnen, Der Aachener Dom, Aachen City Hall, dll. Untuk transport saya bakal memakai linien Bus, ini adalah transportasi yang paling populer dipakai sama warga Aachen. Di sini hampir engga ada macet, transportasi selalu tepat waktu dan pejalan kaki lebih diistimewakan. Hari pertama di Aachen saya merasa amat sangat nyaman. Okay let’s the journey begin!




No comments:

Post a Comment