7/12/2013

Ramadan Kali Ini

Berbeda dengan puasa sebelumnya, puasa kali ini serba baru buat saya. Puasa tahun ini pertama kalinya saya enggak berbuka puasa bareng orang tua, biasanya hari pertama buka puasa disambut dengan kolak pisang dan gorengan, untuk tahun ini buka puasa hari pertama disambut dengan sereal dan rasa kangen rumah. Beneran lho, jauh dari orang tua di hari pertama puasa itu berat, apalagi kalau itu sudah jadi kebiasaan dari kecil. Ini juga pertama kali nya saya puasa 18 jam. Di Jerman, imsak sekitar jam 3.30 pagi dan buka puasa jam 22.00. Karena saya ngerasa berat banget, jadi saya ngebalik jam tidur, saya mulai tidur jam 6 pagi dan bangun jam 1 siang, lumayan lah ngurangin rasa lapar dan dahaga, lagian juga tidur di bulan puasa itu ibadah kan? *alibi*

Puasa di musim panas seperti sekarang ini memang banyak godaan. Di dalem kamar panas, di luar kamar banyak godaan. Jadinya serba salah, hahaaa. Di dalem kamar bener bener super panas, rasanya kayak nongkrong di deket oven. Kalo diluar kamar musuhnya banyak, salahdua nya orang yang pada makan es krim atau kaum wanita yang ber-tanktop ria. Subhanalloh. Tapi saya lebih sering di kamar, panas enggak apa-apa asal puasanya aman.

Hal seru yang lain adalah, selama bulan puasa sebenernya saya bisa ngirit, kalau saya mau. Karena islam adalah agama minoritas disini, jadi banyak masjid yang menyediakan menu buka puasa gratis, jangan ngebayangin kolak atau gorengan, buka puasa gratis di masjid menu nya hampir sama kayak makan malem, bener-bener super banyak dan lebih dari cukup. Malahan, di beberapa kota besar lain kayak München, masjidnya nyediain buka puasa gratis plus makanan buat sahur. Gokil engga, tuh!

Sebenernya lebih banyak seru-nya daripada engga-seru-nya menjalankan puasa di sini. Engga-seru-nya cuma faktor jauh dari keluarga. Selebihnya, semuanya serba menyenangkan dan serba baru. Oiya, saya masih belum dapat zulassung ni dari universtitas yang saya daftarin, semoga bulan ini benar-benar jadi bulan penuh berkah buat saya. AMIN.

Selamat berpuasa!


No comments:

Post a Comment